Biodata Tokoh Dunia, Leonardo da Vinci!

Leonardo da Vinci merupakan salah satu seniman besar yang sudah dikenal oleh dunia. Banyak karya dari Da Vinci yang sangat membantu dunia dalam berbagai aspek, seperti lukisannya, penemuannya, bahkan beberapa desainnya yang belum sempat ia buat.

Beberapa jasa Da Vinci dalam ilmu pengetahuan ada pada matematika, astronomi, teknik geologi, botani, ilmu mengenai tumbuhan, dan bahkan pemetaan. Ia sering kali dianggap sebagai manusia super dengan segala kecerdasan yang dimilikinya itu.

Da Vinci dikenal sebagai sosok yang misterius dan kerap kali mengucilkan diri. Untuk itu, mari kita kenali lebih jauh lagi mengenai Leonardo da Vinci.

Kehidupan Leonardo da Vinci

Masa kecil dari pria dengan nama panjang Lionardo di ser Piero da Vinci ini lahir di Anchiano, dekat kota Vinci di Italia pada tanggal 15 April 1452. Tidak banyak yang bisa diketahui dari masa kecil Da Vinci, namun saat di usianya 5 tahun ia tinggal bersama dengan ibunya di Anchiano.

Setelah itu ia tinggal bersama dengan kakek, ayah, dan pamannya di Vinci. Beberapa pendidikan informal di dapatkan oleh Da Vinci, seperti Bahasa Latin, geometri, serta matematika.

Ada hal unik yang pernah Da Vinci lakukan ketika ia masih kecil. Kala itu ada seorang petani lokal yang membuat perisai, ia meminta Da Vinci untuk membuatkannya sebuah lukisan.

Da Vinci pun menggambarkan Medusa pada lukisannya. Gambar ini terlihat sangat menakutkan, ia pun memutuskan untuk menjualnya ke pedagang karya antik Firenze. Sebagai gantinya, Da Vinci menggambarkan perisai dengan hati yang ditembus oleh panah.

Di usianya ke 15 tahun, ia semakin menunjukkan ketertarikan akan karya seni. Ayahnya pun membawa Da Vinci untuk ke bengkel kerja Andrea Verrochio yang merupakan perlukis terbaik di Firenze.

Selama belajar di sana, ia mempelajari teori dan melakukan pengembangan kemampuan lainnya, seperti kimia, mekanika, metalurgi, pengolahan kayu, dan lainnya. Bukan itu saja, ia pun semakin mempertajam kemampuan melukisnya, pewarnaan, cara memahat, hingga melakukan pemodelan.

Da Vinci juga memiliki kontribusi pada lukisan Verrochio yang berjudul “Pembaptisan Kristus”. Ia menggambar dua malaikat anak-anak yang memegang jubah dari Yesus Kristus.

Di tahun 1472 saat Da Vinci berumur 20 tahun ia sudah memenuhi kualifikasi menjadi ahli pada Asosiasi Seniman Santo Lukas. Tetapi meski dia bekerja di bengkel Verrochi, Ayahnya sudah membuatkan Da Vinci bengkel kerja pribadinya.

Salah satu karya terbaik Da Vinci dalam seni adalah lukisan Mona Lisa yang dilukisnya di tahun 1503. Ia menggambar potret seorang wanita rupawan dari wajah hingga bagian pinggangnya.

Nah, itulah sedikit informasi seputar Leonardo da Vinci, salah satu penemu yang paling berpengaruh di dunia dengan berbagai penemuan menakjubkannya.

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.